Thursday, January 17, 2008

kosala kosali

sejak kapan sebenarnya panduan arsitektur kosala-kosali mulai dipakai di BAli? Tidak satu sumberpun ada menyebutkan dengan gamblang masa permulaan dipergunakannya asta kosala-kosali di BAli. kalo menilik sejarah, kemungkinan besar, kosala-kosali dipergunakan setelah datangnya gelombang pendatang dari jawa secar besar-besaran ke Bali. dimulai pada permulaan abad ke 14 dan kemudian kedatangan atau eksodus secara besar-besaran sekitar abad 16- abad 17. Sebelum kosala-kosali, pandua ber arsiektur di bali kemungkinan telah ada, hanya saja berkembang secara lisan dan bukan dalam bahasa tulisan. hal ini dapat disimpulkan bahwa permukiman di Bali sebelum era majapahit telah menunjukkan pola-pola keteraturan.
Apakah teks kosala-kosali merupakan teks saduran? pertanyaan inipun sulit untuk dicari jawabannya. Kebudayaan Bali termasuk arsitektur telah mengalami perjalanan yang sangat anjang. berbagai pengaruh dan ciri dapat dilihat namun tidak satupun menampilkan bentuknya yang utuh seperti asliya. semua mengalami akulturasi dan penyesuaian. melihat bangunan di Bali, meskipun teksnya berasal dari Jawa, dapatdisaksikan berbagai pengaruh. pengauh Jawa sendiri tidak begitu kentara, justru pola asli Bali lebih terlihat dominan meskipun sumber teksnya berasal dari Jawa.
Teks kosala-kosali tidak terlepas dari nuansa politis, hal ini terlihat dari adanya penggolongan permukiman untuk orang dengan kedudukan brahmana, ksatrya, waisya dan sudra. penggolongan ini tidak ditemukan di dalam pola permukiman sebelum era majapahit. Penggolongan ini nampaknya meniru pola-pola sosial kemasyarakatan di Jawa. Sebelum adanya penggolongan, bentuk rumah dan tempat tingal di Bali dalam satu lingkungan permukiman nyaris sama persis, teruama bahan dan sistm strukturnya. hanya ukuran yang membedakan karena ukuan dibuat sesuai dengan ukuran fisik pemiliknya.

5 comments:

ARSITEKTUR DWIJENDRA said...

Mangde terus berkarya atau berarsitektur dalam tulisan. Sekarang mangde ada dimana? Apa kuliah S3 di .....?

Dessy Eka Pratiwi said...

saya sangat menyukai semua Arsitektur di Pulau Dewata karena mereka sangat menyeleraskan antara berkehidupan kebudayaan, alam dan agama.

sewa mobil said...

arsitektur d bali i2 bguz2 n pnuh sjrah ya.. :D

iklan baris gratis said...

keren infox.. >< thx y...

eben3dimpressions said...

Sebuah konsep yang sangat bagus dan perlu dipertahankan dan diperjuangkan untuk tetap dijalankan dalam setiap pembangunan di Bali, selamat berkarya,

tiang infokan design2 rumah yang sedang berkembang di jakarta melalui blog tiang, suksma